Posted by : Buda Patrayasa Friday, January 13, 2012

Hanami (花見/"melihat bunga") atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Selain itu, hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura. Biasanya acara ini dlakukan bersama sanak keluarga. Bekalnya brmacam-mcam, ada susshi, kue", minuman, mkanan ringan, dll (eeuuh, ngler :9 #plak).
Tempat menikmati indahnya bunga sakura ada bbrapa di jepang. Sperti di kastil Himeji, Ueno Park, Pulau Okinawa, Sungai Kamo dll. (coba saya bsa ksana ya :v). Beberapa Festival Hanami juga menarik prhatian bnyak orang. Uniknya, saat musim sakura selesai, para murid sekolahan bru pda slesai lburan stlah kenaikan. Beda dgn kita di Indonesia yg lburan kenaikan bulan Juni-Juli, org jepang lburan knaikannya Maret-April, pkoknya smpe musim sakura slesai. Itu karena org jepang menganggap musim semi adalah awal yg bru (hmm BD)
Pohon sakura mekar di Jepang dari akhir Maret hingga awal April (kecuali di Okinawa dan Hokkaido). Prakiraan pergerakan mekarnya bunga sakura disebut garis depan bunga sakura (sakurazensen). Prakiraan ini dikeluarkan oleh direktorat meteorologi dan berbagai badan yang berurusan dengan cuaca. Saat melakukan hanami adalah ketika semua pohon sakura yang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


Kurosaki's Accounts

Archives

CitChat

Please leave a nice words

Copyright © Buda Kurosaki -Redesign by Buda Kurosaki- Powered by Blogger - Original Design by DJOGZ