Posted by : Buda Kurosaki Wednesday, February 13, 2013


Selain permainan Gobak Sodor, Lompat Tali Merdeka, dan permainan tradisional Indonesia lainnya, kayaknya seru deh kalau kita mencoba permainan tradisional dari negara lain. Salah satu permainan yang menarik adalah Kagome Kagome.Tapi, katanya permainan ini ada hubungannya dengan kematian lho.. Wah, benarkah??
Kagome kagome adalah permainan tradisional asal Jepang yang dimainkan oleh anak-anak sekolah dasar. Dengan jumlah sebanyak 6 orang, mereka bermain dengan membentuk lingkaran dan berjalan mengitari salah satu dari pemain yang berjaga atau disebut dengan Oni. Oni harus duduk ditengah-tengah sambil menutup mata dengan kedua tangannya.
Tidak hanya memutarinya, para pemain lain juga menyanyikan lagu anak dengan judul Kagome Kagome. Setelah lagu selesai dinyanyikan, putaran pemain juga berhenti dan saat itu juga Oni harus menebak nama pemain yang berdiri tepat dibelakangnya. Kalau berhasil menebak, pemain yang disebutkan namanya harus gantian jadi Oni dehh.. Hihiii lucu juga yah..
Tapi apa benar permainan ini ada hubungannya dengan kematian? Ternyata hal ini dikaitkan karena banyaknya penafsiran tentang arti kata Kagome itu sendiri. Di Jepang, Kagome memiliki banyak arti seperti kotak bambu, keliling, duduk mendekam, ada juga yang mengartikan sebagai tempat hukuman mati yang dikelilingi pagar bambu. Makanya Kagome dikaitkan dengan kematian, padahal arti yang berbeda ini karena pengaruh penulisan di Jepang yang menggunakan huruf kanji.
Arti lagu Kagome Kagome sendiri menceritakan tentang burung yang ada didalam sangkar, jadi tidak ada hubungannya dengan kematian lhoo. Ada yang mau coba permainan tradisional ini??

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Buda Kurosaki -Redesign by Buda Kurosaki- Powered by Blogger - Original Design by DJOGZ